Ditulis pada tanggal 3 November 2015, oleh admin magister ilmu biomedik, pada kategori Agenda Kegiatan, Berita

_DSC1539

_DSC1566

Latar belakang (27-29 Oktober 2015)

Keberadaan artikel ilmiah pada jurnal internasional diperlukan untuk menunjang internasionalisasi universitas. Semakin tinggi jumlah publikasinya, angka kredit dalam indikator penilaian pemeringkatan perguruan tinggi juga semakin meningkat..Salah satu akar permasalahan yang berhasil diidentifikasi dari hasil evaluasi diri PMIB adalah kurangnya publikasi dosen dan mahasiswa dalam jurnal internasional bereputasi. Faktor yang berpengaruh antara lain adalah belum semua dosen dan mahasiswa PMIB terlatih dalam penulisan draft naskah jurnal internasional. Oleh karena itu, perlu peningkatan kemampuan dalam penulisan jurnal bagi  dosen dan mahasiswa PMIB FKUB. Untuk itu perlu diselenggarakan workshop Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Jurnal Internasional  untuk dosen dan mahasiswa.

Kegiatan pendampingan penulisan artikel untuk jurnal bereputasi internasional memberikan kesempatan kepada dosen dan mahasiswa PMIB untuk mempublikasikan hasil penelitiannya yang belum dipublikasikan ke jurnal ilmiah. Program inbound lecture tahun 2014 untuk pendampingan penulisan jurnal internasional dari 9 peserta ada 4 peserta  yang telah berhasil publikasi di jurnal yang terindex scopus, sehingga diharapkan dengan kegiatan ini semakin banyak dosen dan mahasiswa pasca sarjana yang akan berhasil mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal internasional.

Tujuan

 Tujuan utama kegiatan ini untuk  membangkitkan motivasi pentingnya publikasi ilmiah, memberikan tips dan trik dalam menembus publikasi  pada jurnal internasional bereputasi, dan membantu proses/pendampingan untuk menulis, mengirim, dan menjawab/menanggapi hasil review pada jurnal ilmiah internasional bereputasi, sehingga diharapkan dapat mempercepat publikasi artikel ilmiah dosen dan mahsiswa PMIB pada. jurnal bereputasi internasional. Dengan adanya pendampingan penulisan artikel, kemampuan dosen dan mahasiswa dalam menganalis dan mengintepreasikan hasil penelitian dapat meningkat, termasuk dalam hal penulisan artikel ilmiah. Dengan demikian kegiatan ini bersama kegiatan kuliah tamu akan berdampak pada peningkatan rasa percaya diri dosen dan mahasiswa di forum internasional.

Pelaksanaan Kegiatan

Workshop pendampingan penulisan jurnal internasional. Kegiatan pendampingan penulisan artikel ditargetkan untuk  dosen dan mahasiswa Pasca Sarjana  FKUB, diselenggarakan selama 3 hari 27 – 29 Oktober 2015 dengan pembimbing Prof. Roger Ian Price Ph.D dari Department of Medical Technology & Physics Sir Charles Gairdner Hospital (SCGH) Hospital Avenue, Nedlands Western AustraliaWorkshop ini secara umum dibuat dengan format seminar sekaligus praktek pelatihan penyusunan karya ilmiah. Peserta pendampingan yang berjumlah 11 orang harus mampu menghasilkan artikel/naskah yang siap dipublikasikan pada jurnal internasional. Penilaian kesiapan peserta didasarkan pada kualitas hasil penelitian yang dilihat dari naskah (draft artikel). Draft artikel untuk kegiatan pendampingan penulisan artikel ini diutamakan berupa hasil penelitian dana hibah maupun hasil penelitian tesis/disertasi

Keluaran

Hasil yang diharapkan adalah dengan terselenggaranya workshop beberapa naskah ilmiah  yang diikutkan dalam pendampingan bisa mendapatkan review dan accepted dalam jurnal yang terindex Scopus.