Ditulis pada tanggal 3 November 2015, oleh admin magister ilmu biomedik, pada kategori Agenda Kegiatan, Berita

_DSC1940_DSC1951

Latar Belakang

Herbal medicine (pengembangan obat dari bahan tanaman) merupakan salah satu pohon penelitian unggulan di tingkat fakultas maupun universitas. Untuk menunjang hal tersebut, kelompok peneliti Physalis FKUB memiliki misi untuk mengembangkan payung penelitian dengan kajian Physalis secara multidisipliner dan mengoptimalkan sinergisme antara academic, bussiness, dan government (ABG). Untuk kepentingan tersebut, maka kelompok peneliti melakukan diseminasi atau menyebarluaskan hasil penelitian dari kelompok peneliti. Berbagai media direncanakan untuk tujuan tersebut, yaitu selain publikasi melalui keikutsertaan dalam seminar/kongres, penerbitan jurnal, buku ajar dan pembuatan web, maka kelompok peneliti menganggap perlu menyelenggarakan seminar.

Physalis merupakan tumbuhan liar, berupa semak/perdu yang rendah dengan tegak yang dikenal secara luas di Indonesia. Secara empiris tanaman ini telah digunakan di masyarakat untuk beberapa tujuan, antara lain menurunkan asam urat, tekanan darah, demam, keradangan, dan sebagainya. Topik yang sudah dikaji dari tanaman Physalis minima, diantaranya adalah uji fitokimia, uji toksisitas pada sel kanker, uji antibakteri, uji antiradang dan immnomodulator, uji potensi antioksidan, uji efek penurunan kadar gula darah, uji penurunan gejala ansietas pada tikus model menopause, uji in vitro pada fungsi endotel pembuluh darah, dan sebagainya, di mana sebagian besar hasil menunjukkan kemanfaatannya.

Berdasarkan fenomena tersebut, maka tidak menutup kemungkinan tanaman Physalis minima berpotensi untuk diangkat sebagai tanaman obat asli Indonesia yang berkhasiat, dan kelompok studi Physalis dapat dijadikan sentra untuk kajian tanaman Physalis tersebut. Untuk itu, kelompok peneliti Physalis memandang perlu untuk melakukan seminar hasil-hasil penelitian Physalis dari kelompok peneliti guna penyebarluasan manfaat Physalis, sekaligus sebagai wahana perluasan kolaborasi penelitian dan pencitraan kelompok peneliti Physalis.


Tujuan

Tujuan diadakannya program ini adalah:

  1. Diseminasi hasil-hasil penelitian dari kelompok peneliti Physalis kepada kalangan akademisi dan peneliti untuk menjaring kolaborasi penelitian.
  2. Meningkatkan pencitraan kelompok peneliti Physalis sebagai kelompok peneliti di Indonesia yang mengembangkan Physalis sebagai obat tradisional yang unggul dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia.

Lingkup Kegiatan

Kegiatan ini berupa penyelenggaraan Seminar Sehari mengenai Potensi Tanaman Physalis sebagai Obat Tradisional yang Unggul dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Indonesia. Tahapan kegiatan ini meliputi: (1) koordinasi persiapan seminar, (2) pelaksanaan seminar, (3) pelaporan kegiatan, dan (4) evaluasi dan tindak lanjut terkait kolaborasi penelitian (personal) dan kerjasama mitra ABG. Pada pelaksaan seminar, dilakukan diseminasi terhadap seluruh sivitas akademika FKUB terutama mahasiswa pascasarjana FKUB. Peneliti juga mengundang para peneliti dari universitas lain.

Keluaran

Keluaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah:

  1. Meningkatnya jumlah keilmuan peneliti yang terlibat dalam kajian Physalis (multidisipliner).
  2. Meningkatnya jumlah kerjasama (MOU) dengan mitra dalam negeri.
  3. Meningkatnya jumlah kolaborasi penelitian.
  4. Terbangunnya budaya ilmiah yang memperkuat peran dan kapasitas peneliti, sehingga terbangun citra UB sebagai sentra studi dan penelitian Physalis di Indonesia.

Penyelenggaraan Pengembangan Program

  1. Tempat              : Auditorium GPP lantai 6 FKUB.
  2. Waktu                : Senin, 2 Nopember 2015 pukul 07.30 – selesai
  3. Target Peserta : Mahasiswa S1-S3 di lingkungan UB dan luar UB, Para peneliti di lingkungan UB dan luar UB, pengusaha herbal Indonesia