LAPORAN KEGIATAN  PENGABDIAN MASYARAKAT

Program Magister Ilmu Biomedik, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya memiliki tanggung jawab untuk mengambil peran besar dan kontribusi dalam memecahkan masalah kesehatan yang terjadi terutama di kota Malang. Hal ini diperlukan dukungan dan partisipasi dari semua pemangku kepentingan dari masyarakat, pemerintah dan swasta. Tanaman obat telah digunakan oleh masyarakat untuk perawatan kesehatan dan penyembuhan berbagai macam penyakit. Sampai saat ini ada 7000 spesies tanaman obat di Indonesia yang telah diidentifikasi, namun hanya 20% yang dimanfaatkan secara efektif. Obat dari bahan alami adalah Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Ada beberapa obat herbal yang lebih bernilai dari obat sintetik. Beberapa dari mereka tanpa efek samping bila digunakan pada dosis normal, apalagi aplikasi sederhana, dan harganya lebih murah. Untuk membantu pemerintah dalam mempromosikan TOGA, diperlukan mengadakan seminar, penyuluhan dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota PKK dalam hal kemanjuran, budidaya, pengolahan, pengumpulan dan pengolahan TOGA.

 1.  Tujuan Kegiatan

  1. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan menanam TOGA (Kelor, Mahkota Dewa dan  Pare, dll) pada kader PKK di Kodya Malang
  2. Meningkatkan meningkatkan pengetahuan tentang pemakaian, penyimpanan dan efek samping TOGA (Kelor,Mahkota Dewa dan  Pare, dll) pada kader PKK di Kodya Malang
  3. Menyebarluaskan informasi dalam bentuk media tertulis tentang tentang khasiat TOGA (Kelor, Mahkota Dewa dan Pare, dll) pada kader PKK dan sekolah di Kodya Malang.

2.  Kerangka Pemecahan Masalah

Kerangka pemecahan masalah yang dilakukan adalah:

  1. Identifikasi tingkat pengetahuan dan manfaat tentang khasiat TOGA (Kelor, Mahkota Dewa dan Pare, dll) melalui kuesioner.
  2. Pemberian penyuluhan mengenai budidaya (penanaman dan pengolahan TOGA (Kelor, Mahkota Dewa dan  Pare,dll) pada kader PKK, sekolah SMP di Kodya Malang
  3. Evaluasi kegiatan sebelum dan setelah kegiatan penyuluhan dan pelatihan tentang pentingnya TOGA (Kelor, Mahkota Dewa dan  Pare,dll) melalui monitoring lahan percontohan TOGA yang ada di kelurahan Kodya Malang

3. Khalayak Sasaran yang Strategis

Target sasaran kegiatan adalah para ibu PKK di tingkat RW dan kelurahan Tlogomas dan sekolah (SMA dan SD) di Kodya Malang  karena memiliki kedudukan fungsional dan strategis sebagai  media komunikasi dan penyampaian berbagai ide dan sekaligus pelaksananya

 

4. Keterkaitan

Kegiatan ini merupakan aplikasi dari hsil-hasil penelitian di Fakultas Kedokteran (FKUB) dengan melibatkan  institusi sekolah, pemimpin masyarakat pada tingkat kelurahan (PKK). Manfaat yang akan diperoleh oleh sekolah adalah peningkatan pengetahuan dan khasiat TOGA serta pengembangan kualitas TOGA sekolah. Untuk PKK, dapat meningkatkan pengetahuan kader PKK yang sekaligus sebagai ibu rumah tangga sehingga mereka dapat mengembangan TOGA di rumah masing-masing.

 

5. Metode Kegiatan

  1. Kader PKK diundang di kelurahan diberi  penyuluhan dan pelatihan  tentang pengelolaan TOGA (Kelor, Mahkota Dewa dan  Pare). Sebelum demontrasi dan praktek para peserta pelatihan diberi ceramah tentang cara budidaya dan pengolahan TOGA serta tentang khasiat TOGA (Kelor, Mahkota Dewa dan Pare) untuk kesehatan.
  2. Mengadakan seminar tentang sosialisasi hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh dosen dan mahasiswa PMIB-UB kepada masyarakat.
  3. Sosialisasi tentang khasiat TOGA di sekolah (SMP), dan pemberian bibit TOGA (Kelor, Mahkota Dewa dan Pare) serta monitoring dan evaluasi pelaksanaan program.

6. Rancangan Evaluasi

Evaluasi akan dilakukan sebelum dan setelah kegiatan penyuluhan dan pelatihan tentang pentingnya TOGA (Kelor, Mahkota Dewa dan Pare) melalui kuestioner dan monitoring lahan percontohan TOGA yang ada di Kelurahan Tlogomas Kodya Malang

Lampiran: Foto-foto Kegiatan

hasil pengabdian1

Gambar 1. Kegiatan Penyuluhan tentang pemanfaatan TOGA yang diberikan oleh Dr. dr. Loeki Enggar Fitri, Mkes., SpParK., kepada ibu-ibu PKK RW 8 Kelurahan Tlogomas.

 hasil pengabdian2

Gambar 2. Ibu-ibu PKK RW 8 Kelurahan Tlogomas dengan penuh semangat mendengarkan  Penyuluhan tentang pemanfaatan TOGA yang diberikan oleh Dr. dr. Loeki Enggar Fitri, Mkes., SpParK.

 hasil pengabdian3

Gambar 3. Ibu-ibu PKK RW 8 Kelurahan Tlogomas dengan penuh semangat mendengarkan  Penyuluhan tentang Khasiat Daun Kelor, Pare, dan Mahkota Dewa sebagai Tanaman Obat, yang disampaikan oleh dr. Arliek Rio Julia, MS.

 hasil pengabdian4

Gambar 4. Kegiatan Penyuluhan tentang Dosis dan Efek Samping Tanaman Obat, yang disampaikan  oleh Dr. drg. Nur Permatasari, MS kepada ibu-ibu PKK RW 8 Kelurahan Tlogomas.

hasil pengabdian5

Gambar 5. Pemberian bibit Tanaman Obat, yang diberikan oleh Agustina Tri Endarti, SSi., PhD. selaku ketua Panitia, kepada Ketua PKK RW 8 Kelurahan Tlogo