Kompetensi utama yang harus dicapai oleh lulusan program studi adalah: “Menjadi lulusan yang memiliki integritas intelektual, kemampuan untuk menerapkan dan mengembangkan Ilmu Biomedik, dan kemampuan untuk melakukan penelitian yang teruji dan inovatif melalui pendekatan inter- dan multidisipliner, serta kemampuan untuk memperoleh pengakuan nasional dan internasional.”

Kompetensi utama ini kemudian dispesifikasikan menjadi capaian pembelajaran program studi (Program Learning Outcomes/PLOs) sebagai berikut.

Lulusan PMIB diharapkan:

PLO1. Knowledge Literacy
PLO1.1 Menunjukkan pemahaman komprehensif konsep-konsep ilmu biomedik dasar pada bidang peminatan pilihan, meliputi anatomi-histologi, fisiologi molekuler, farmakologi, toksikologi, imunologi, mikrobiologi, parasitologi, kedokteran pencegahan, atau kedokteran klinik.
PLO1.2 Menunjukkan pemahaman komprehensif prinsip-prinsip utama dan perkembangan terkini pada disiplin spesifik dari ilmu biomedik yang difokuskan pada: herbal medicinestem cells, tumbuh kembang, penyakit metabolik dan degeneratif, penyakit autoimun, atau infeksi.
PLO2. Specific Skills
PLO2.1 Menerapkan pemikiran kritis dan kreatif untuk memecahkan masalah di bidang ilmu biomedik melalui pendekatan inter- and multidisipliner.
PLO2.2 Mampu secara mandiri melakukan penelitian yang inovatif dan teruji di bidang ilmu biomedik yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, yang memenuhi syarat untuk diterbitkan di jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau jurnal internasional terindeks.
PLO2.3 Mampu melakukan metode dan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian biomedik.
PLO3. Generic Skills
PLO3.1 Berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis.
PLO3.2 Menunjukkan kemandirian dan keterampilan organisasi.
PLO3.3 Menunjukkan kepemimpinan dan mampu bekerja kolaboratif.
PLO3.4 Menerapkan prinsip-prinsip academic entrepreneurship*
PLO4. Attitude
PLO4.1 Menunjukkan standar etika dalam semua kegiatan intelektual dan profesional di bidang ilmu biomedik dan kesehatan.

*Menciptakan peluang untuk dapat memperluas kemanfaatan hasil penelitian bagi masyarakat, misalnya dengan publikasi buku, perolehan paten, produksi massal produk hasil penelitian, aplikasi hasil penelitian dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dan sebagainya.