Sejarah Program Pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

Keberadaan Program Pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (PPSFKUB) berawal dari berdirinya Program Pascasarjana Universitas Brawijaya (PPSUB) yang dirintis sejak tahun 1981. Rintisan ini diawali dengan kerjasama antara Universitas Brawijaya dengan Universitas Gajah Mada untuk menyelenggarakan Program Kegiatan Pengumpulan Kredit (KPK) UGM – UNIBRAW. Program ini bertujuan untuk membantu Universitas Brawijaya dalam merencanakan dan melaksanakan pendidikan pascasarjana secara mandiri. Setelah sebelas tahun berstatus program KPK UGM-UNIBRAW, maka berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No.104/Dikti/Kep/93, 105/Dikti/Kep/93, 106/Dikti/Kep/93, sejak tanggal 27 Februari 1993 Program Pascasarjana Universitas Brawijaya melakukan kegiatannya secara mandiri dengan tiga buah Program Studi S2 (Magister).

Mulai tahun akademik 1995/1996 PPSUB membuka tujuh program studi S2. Pada tahun akademik 1998/1999 PPSUB menyelenggarakan 12 program studi S2 dan satu Program Studi S3, termasuk di dalamnya Program Studi Magister Ilmu Biomedik (PMIB). Pembukaan tersebut berdasarkan surat keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 326/DIKTI/Kep/1998 tanggal 14 September 1998, dengan menetapkan PMIB sebagai program pendidikan strata 2 (S2) pada Program Pascasarjana Universitas Brawijaya dengan 6 (enam) peminatan pada PS Ilmu Biomedik yaitu: Farmakologi Kedokteran, Toksikologi Kedokteran, Anatomi Histologi Kedokteran, Parasitologi Kedokteran, Mikrobiologi Kedokteran, dan Imunologi Kedokteran. Pada tahun 2005, atas dasar SK .BAN PT nomer 006/BAN-PT/Ak-IV/S2/V1/2005 PMIB telah terakreditasi dengan nilai “B”. Atas dasar SK Rektor nomor 30/SK/2006 dan SE Rektor nomor 2012/J10/LL/2006 yang mewajibkan bahwa setiap program studi S2 dan S3 harus berada di bawah fakultas masing masing maka sejak semester genap tahun akademik 2008/2009 PMIB telah berada di bawah Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB).

Memperhatikan perkembangan potensi penelitian biomolekuler, pertambahan pengajar berjenjang Guru besar dan S3 baik lulusan dalam maupun luar negeri, serta kecenderungan kebutuhan calon peserta PMIB dan pola penyakit, maka pada tahun akademik 2009/201 dibukalah peminatan Kedokteran Pencegahan (Preventive Medicine), Kedokteran Klinik (Clinical Medicine) dan Fisiologi molekuler sehingga pada PMIB-FKUB terdapat sembilan peminatan.

Pada tahun 2008, sesuai dengan Standart Kurikulum Pendidikan Dokter Spesialis Anak Indonesia untuk meningkatkan kualitas lulusan program spesialis dan  tujuan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) untuk pengembangan  sumber daya manusia (SDM) peneliti di bidang kesehatan dan kedokteran, maka  dirintis pembentukan  program ganda (double degree) Program Magister Ilmu Biomedik dengan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PMIB-PPDSA). Atas dasar hal tersebut maka sejak tahun ajaran 2008/2009 PMIB-FKUB bekerja sama dengan PPDSA FKUB/RS dr. Saiful Anwar Malang telah membuka program double degree untuk PMIB-PPDSA. Kemudian sejak tahun ajaran 2011/2012 bekerjasama dengan PPDS Syaraf (PPDSS) dan PPDS Patologi Klinik (PPDSPK) FKUB/RS. dr. Saiful Anwar Malang telah dibuka program double degree untuk PPMIB-PPDSS dan PMIB-PPDSPK. Mengingat bahwa lulusan sarjana kedokteran (SKed) FKUB mempunyai potensi SDM yang besar dalam bidang pendidikan dan penelitian maka  sejak tahun ajaran 2010/2011 PMIB PPS-FKUB bekerja sama dengan Program Studi  Pendidikan Dokter (PSPD) telah membuka program double degree untuk PMIB–Dokter, dan dengan adanya program Fast track dari DIKTI, maka sejak semester Genap 2011/2012 dibuka pula program double degree untuk PMIB– Dokter Gigi, serta program double degree untuk PMIB–Sarjana Keperawatan. Selain itu untuk menunjang visi dan misi universitas menuju World Class University (WCU), maka  sejak tahun akademik 2009/2010 PMIB-FKUB telah membuka kerjasama dengan universitas di luar negeri dengan menerima dan mengirim mahasiswa dari dan ke luar negeri  melalui prosedur yang telah ditentukan.

Berdasarkan Surat Keputusan dari Dirjen Dikti nomer 2374/D/T/K-N/2010, PMIB-FKUB telah memiliki ijin operasional sampai tahun 2013 dan berdasarkan surat keputusan dari BAN_PT no 029/BAN-PT/Ak-IX/S2/XII/2012, PMIB telah terakreditasi dengan nilai A.