Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi no. 44 tahun 2015 mengenai Standar Nasional Pendidikan Tinggi, penyelenggaraan proses belajar mengajar dilaksanakan dengan Sistem Kredit Semester (SKS) dalam bentuk perkuliahan dan berbagai metode pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student-centered learning). Setiap semester terdiri dari minimal 16 kali pertemuan, termasuk ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS).

  • Kuliah, tutorial; satu satuan kredit semester terdiri dari 50 menit tatap muka, 50 menit kegiatan/tugas terstruktur, dan 60 menit kegiatan belajar mandiri per minggu per semester.
  • Seminar dan bentuk pembelajaran lain yang sama; satu satuan kredit semester terdiri dari 100 menit tatap muka dan 70 menit kegiatan belajar mandiri per minggu per semester.
  • Praktikum, penelitian (termasuk tesis), pengabdian kepada masyarakat,  dan bentuk pembelajaran lain yang sama; satu satuan kredit semester terdiri dari 170 menit kegiatan per minggu per semester.