A.  Syarat Kelulusan

Mahasiswa dinyatakan lulus studi, apabila mahasiswa:

  1. Telah mencapai minimal 40 sks (termasuk tesis) dengan IPK minimal 3,0 dan tidak ada nilai ”D” pada semua mata kuliah.
  2. Telah mempublikasikan setidaknya satu artikel hasil penelitian tesis pada jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional terindeks.

Mahasiswa yang telah mempublikasikan hasil penelitian tesisnya pada jurnal internasional yang diindeks oleh lembaga yang diakui DIKTI tetap wajib menyusun tesis dan dinyatakan lulus tesis dengan nilai A tanpa melalui ujian setelah melalui persetujuan Unit Publikasi Internasional dan Karya Ilmiah Dosen (PPIKID) UB (berdasarkan Peraturan Rektor UB No. 224/PER/2010).

Berdasarkan Surat Rektor No. 2140/UN10/LL/2013 tanggal 2 Mei 2013, sebelum wisuda, mahasiswa harus:

  1. Memiliki sertifikat kemampuan Bahasa Inggris internet-based TOEFL dengan nilai minimum 50 atau tes lain yang setara yang didapat dari Lembaga Bahasa Inggris UB atau institusi yang ditunjuk,
  2. Memiliki sertifikat Internet and Computing Core Certification (IC3) yang didapat dari institusi yang ditunjuk, dan
  3. Memiliki artikel hasil penelitian tesis yang telah dipublikasi pada jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional terindeks.

B. Predikat Kelulusan

Yudisium dilaksanakan setelah mahasiswa menyelesaikan seluruh persyaratan akademik dan administrasi. Keputusan apakah mahasiswa telah memenuhi seluruh persyaratan dan dapat mengikuti yudisium ditetapkan pada rapat pra-yudisium. Kehadiran peserta pada saat yudisium bersifat wajib.

Berdasarkan Buku Pedoman Pendidikan UB 2015/2016, mahasiswa yang dinyatakan lulus menerima predikat kelulusan sebagai berikut:

Lulus dengan predikat cum laude: Apabila mahasiswa mempunyai IPK > 3,75-4,00, tanpa nilai di bawah “B”, lama studi maksimal empat semester, nilai tesis “A”, dan telah mempublikasikan artikel hasil penelitian tesisnya pada lebih dari satu jurnal nasional terakreditasi atau satu jurnal internasional terindeks.

Lulus dengan predikat sangat memuaskan: Apabila mahasiswa mempunyai IPK > 3,75-4,00 tetapi tidak memenuhi kriteria pada predikat cum laude, atau apabila mahasiswa mempunyai IPK > 3,50-3,75 dan telah mempublikasikan hasil penelitian tesisnya pada satu jurnal nasional terakreditasi atau satu jurnal internasional terindeks.

Lulus dengan predikat memuaskan: Apabila mahasiswa mempunyai IPK > 3.00-3,50 dan telah mempublikasikan hasil penelitian tesisnya pada satu jurnal nasional terakreditasi atau satu jurnal internasional terindeks.

Diagram alir prosedur pengajuan yudisium:

Propose Judicium