A. Persyaratan Akademik

  1. Sarjana (S1) dalam bidang ilmu yang sesuai (kedokteran, kedokteran gigi, kedokteran hewan, farmasi, keperawatan, gizi, biologi).
  2. IPK S1 ≥ 3,00 (skala 0-4) dari program studi yang diakreditasi BAN-PT. Akreditasi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan fotokopi sertifikat akreditasi yang telah dilegalisasi. IPK untuk lulusan luar negeri, sesuai konversi yang ditetapkan dari hasil rapat program studi.
  3. Skor TPA-OTO BAPPENAS minimal 500.
  4. Skor paper-based TOEFL institusional minimal 500 atau setara.
  5. Memiliki karya ilmiah penelitian S1.
  6. Lulus tes psikologi dan wawancara yang diselenggarakan program studi.
  7. Semua kandidat yang lolos persyaratan akademik dan administrasi harus lulus program alih tahun (PAT) atau matrikulasi.

B. Penerimaan Mahasiswa Internasional

PMIB-FKUB juga membuka pendaftaran untuk mahasiswa asing melalui International Office UB (http://io.ub.ac.id/international-student-admission/). Persyaratan penerimaan mahasiswa asing:

  1. Memiliki ijazah sarjana (bachelor) dalam bidang ilmu yang sesuai (kedokteran, kedokteran gigi, kedokteran hewan, farmasi, keperawatan, gizi, biologi) yang telah mendapat pengesahan dari Kedutaan Besar Indonesia di negara asal dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.
  2. Mendapat ijin belajar dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang ditunjukkan dengan sertifikat paper-based TOEFL dengan skor sekurang-kurangnya 500 atau setara.
  4. Lulus seleksi akademik yang diselenggarakan oleh program studi.

C. Penerimaan Program Transfer

  1. Berasal dari universitas negeri atau swasta dengan status akreditasi yang sama atau lebih tinggi.
  2. Berasal dari program studi dengan bidang yang sama, yaitu ilmu biomedik.
  3. Belum melaksanakan ujian proposal.
  4. Masa studi pada program studi asal tidak lebih dari 2 tahun.